Cita-cita wiraswasta Anda telah merintis. Sekarang adalah waktu untuk mencari tahu bagaimana memasarkan produk Anda untuk menjual tepat sasaran. Salah satu strategi yang dianggap bergengsi dan cara yang sangat efektif adalah untuk menciptakan "merek". Mengapa "Merek" yang begitu penting? Karena selain identitas produk, merek juga mampu menumbuhkan loyalitas pelanggan. Biasanya, bila seseorang cocok dan akrab dengan merek, ia tidak akan dengan mudah beralih ke merek lain. Selain itu, untuk beberapa, merek juga sering dianggap sebagai identitas dirinya. Namun, pertandingan tidak hanya berasal dari nama tetapi juga kualitas produk, pelayanan yang memuaskan dan harga yang wajar. Semakin banyak konsumen yang puas dengan kualitas produk, semakin tinggi nilai jual sebuah merek. Berikut adalah strategi bagaimana menciptakan sebuah merek yang menarik:
1. Sederhana dan Bermakna.
Berdasarkan pemasaran hasil survei, orang muda cenderung lebih suka menggunakan produk dengan merek asing atau terkesan dari luar negeri. Namun, bukan berarti nama lokal juga tidak norma. Yang paling penting, memilih nama yang sederhana, sehingga mudah untuk dikatakan dan mudah diingat. Selain itu, lebih baik untuk memilih nama merek yang memiliki arti tertentu. Jika Anda tidak ingin repot, Anda juga dapat menggunakan nama Anda ke dalam sebuah merek, seperti halnya beberapa merek terkemuka di dunia: Versace, Yves Saint Laurent dan sebagainya.
2. Gunakan Logo.
Buat logo visual untuk produk dan merek produk Anda. Logo ini dapat membantu Anda membuat merek tampak lebih mewah dan istimewa. Dengan logo, Anda membangun komunikasi melalui tanda yang mudah dipahami dan diingat oleh semua orang tanpa bahasa batasam. Inilah yang nantinya akan menjadi identitas produk Anda.
3. Target Pasar.
Hal lain yang tak kalah penting adalah menentukan target pasar, yaitu siapa target utama Anda. Bila Anda memilih target pasar menengah ke atas, dari gambar yang harus dibentuk adalah produk mewah.
4. Menurut Promosi Target.
Setiap pengusaha ingin produk mereka yang sedang dibahas dan memuji banyak orang. Tapi bagaimana berbicara tentang ketika tidak ada yang tahu produknya? Caranya adalah selalu digunakan oleh pemasar adalah promosi.Bukan teknik promosi, tapi promosi tepat sasaran. Pilihlah orang-orang yang berpengaruh dalam kelompok untuk memperkenalkan produk Anda. Beri dia sampel produk gratis, atau minta dia untuk mencoba produk Anda. Jika dia menyukainya, maka merek Anda akan mudah diketahui. Selain itu, Anda juga perlu untuk mengadakan acara khusus untuk memperkenalkan merek Anda, dengan beberapa tips:
a) Saling menggendong ketenaran. Salah satu cara termudah untuk mendapatkan produk Anda dengan cepat dilirik konsumen adalah untuk membuat produk yang Anda gunakan selebriti atau tokoh publik ketika acarapesta atauun berbagai kegiatan sosial lainnya. Karena apa yang biasanya dikenakan oleh tokoh masyarakat segera akan menjadi perhatian banyak orang. Di sinilah kesempatan Anda untuk memperkenalkan merek dan menciptakan citra merek. Ini akan lebih efektif daripada hanya menampilkan produk Anda di jendela toko.
b) Pengenalan Produk. Untuk produk dengan merek baru, tentu tidak banyak dikenal orang. Pada saat Anda melepaskan produk ke pasar, Anda harus menjelaskan secara rinci kepada calon pelanggan tentang produk, dari bahan baku, proses manufaktur, untuk manfaat. Jangan lupa, juga menggambarkan keunikan dan keunggulan produk Anda.
c) Berteman dengan Media. Anda tentu tahu, media memiliki efek yang besar untuk mempengaruhi penilaian masyarakat. Jadi, jangan hanya duduk diam dan berharap mesia akan menemukan Anda. Mengirim siaran pers dan sampel produk, atau undangan untuk menghadiri peluncuran produk. Jika perlu, Anda juga dapat meminjamkan beberapa produk untuk mendapatkan review khusus dari media.
d) Pelayanan Khusus. Sebuah merek kualitas selalu memiliki pelanggan VIP. Menyediakan layanan khusus untuk pelanggan VIP, karena mereka biasanya menjadi orang pertama bersedia untuk membeli produk Anda. Anda dapat membangun komunikasi dengan selalu mengirimkan informasi tentang desain terbaru Anda atau produk.
e) Membangun Sinergi. Ikuti program afiliasi atau kerja sama dengan produk lain atau merek. Misalnya, dengan membeli produk Anda, maka pembeli mendapatkan diskon untuk B produk dari merek lain. Atau cara lain, bergabung dalam acara besar di kota Anda sebagai sponsor. Semakin sering Anda pergi untuk mendukung aktivitas, semakin cepat merek Anda dikenal pasar.
Baca juga : Tips Usaha
Title : Tips Membuat Sebuah Merek Produk Menarik
Description : Cita-cita wiraswasta Anda telah merintis. Sekarang adalah waktu untuk mencari tahu bagaimana memasarkan produk Anda untuk menjual tepat s...